Rabu, 16 September 2009

ARTI SEBUAH PENGHARGAAN


Bicara soal penghargaan, baik itu penghargaan dari sesuatu yang kita hasilkan maupun penghargaan atas kesetiaan kita dengan rasa cinta yang tinggi pada suatu hal …….. seberapa pentingkah sebuah penghargaan tersebut ? Jika kita pikir-pikir, sebuah penghargaan nampaknya hanya ingin agar kita dilihat orang saja, padahal kita harus menyadari betapa pentingnya arti sebuah kata penghargaan.
Penghargaan, dalam bentuk apapun dapat membangkitkan semangat seorang yang diberi penghargaan tersebut. Seorang pegawai akan semakin bersemangat bekerja, dia merasa diperhatikan dan dibutuhkan oleh instansi tempat dia bekerja, dan timbul suatu motivasi yaitu suatu variabel perantara yang digunakan untuk menerangkan faktor-faktor dalam diri individu, yang dapat membangkitkan, mempertahankan dan menyalurkan tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Motivasi berhubungan dengan kekuatan (dorongan) yang berada di dalam diri manusia. Sebaliknya, jika sebuah instansi / perusahaan sudah bersikap seakan-akan tidak peduli pada pegawainya maka pegawai tersebut lamakelamaan akan berpikir yang bukan-bukan tentang instansi / perusahaan tersebut. Untuk itu janganlah kita menganggap remeh atas sebuah penghargaan. Kita mengharapkan kepada seorang pemimpin atau yang berwenang memberikan penghargaan jangan terlalu pelit untuk memberikannya kepada orang yang berhak menerimanya, sekalipun penghargaan itu hanya berupa selembar kertas yang ditandatangani pejabat yang berwenang akan tetapi sebaliknya jangan terlalu mudah memberikan penghargaan tersebut karena bisa juga mengakibatkan turunnya nilai sebuah penghargaan.
Penghargaan bukan hanya dengan memberikan sesuatu yang dapat dinikmati atau dilihat atau dimanfaatkan, namun sebuah penghargaan dapat diberikan kepada seseorang melalui pujian. Tak ada manusia yang tak mau dipuji, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa, bahkan seorang kakek-kakekpun masih senang kalau dia mendapat pujian dari seseorang. Seorang guru diharapkan rajin memberikan pujian kepada siswanya sekalipun menemukan kesalahan pada diri siswa tersebut. Kita dapat memberikan pujian kepadanya dengan menambahkan kalimat yang diawali kata “ tetapi……”sehingga dia tetap bersemangat dan termotivasi untuk memperbaiki kesalahan tersebut, tidak menjadi minder yang dapat mengakibatkan munculnya kebencian kepada kita sebagai gurunya dan akan berakibat membenci mata pelajaran yang kita asuh. Akibatnya ? yah …..sebagai guru, kita semua harus tahu. Di sekolah saat-saat yang ditunggu siswa salah satunya adalah pengumuman hasil ujian / ulangan baik itu ujian semester, ujian kenaikan kelas, ujian sekolah maupun ujian nasional. Mereka akan bangga dan dapat menimbulkan motivasi belajarnya jika hasil kerja mereka diumumkan sehingga semua warga sekolah mengetahui keberhasilannya melebihi yang lain, sekalipun prestasi yang diraihnya hanya sekedar juara kelas atau prestasi lainnya dan penghargaan yang dia terima sudah cukup dengan memanggil dan menempatkan mereka di tempat khusus dan kita sebagai guru memberikan ucapan selamat saja, tidak harus memberikan hadiah, namun betapa lebih bangganya siswa kalau juga kita berikan selembar kertas berupa piagam yang ditandatangani yang berwenang dan suatu bukti bagi mereka nantinya jika diperlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih jika anda memberikan saran atau kritik yang sifatnya membangun dalam blog saya ini.Jika ada komentar mohon disampaikan / diketik pada kotak di bawah ini.