-->
1. Latar
Belakang
Sebagai usaha
dan langkah-langkah mempersiapkan generasi muda, khususnya siswa diarahkan
sejalan dengan cita-cita yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 oleh karena itu
pengembangan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang
diterapkan melalui OSIS perlu ditata secara teratur dan terarah.
2. Dasar Hukum
a. Pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945
b. GBHN
c. UU RI No. 2 Tahun 1988 tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Menengah
e. Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Dasar
f. Keputusan Menteri Pendidikan nasional RI tentang Pembinaan Kesiswaan
g. Keputusan DirJen Dikdasmen tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
b. GBHN
c. UU RI No. 2 Tahun 1988 tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Menengah
e. Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Dasar
f. Keputusan Menteri Pendidikan nasional RI tentang Pembinaan Kesiswaan
g. Keputusan DirJen Dikdasmen tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
3. Tujuan
a. Menghimpun ide, pemikiran, bakat,
kreatifitas serta derita para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari
berbagai pengaruh negatif dari luar sekolah.
b. Mendorong sikap jiwa dan semangat kesatuan
dan persatuan diantara siswa sehingga timbul suatu kebanggaan untuk mendukung
peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar
c. Sebagi tempat dan sarana ntuk
berkomunikasi menyampaikan pikran dan gagsan dalam usaha untuk lebih
mematangkan kemampuan berfikir wawasan dan pengambilan keputusan.
4. Pengertian OSIS
Dalam Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen Diknas disebutkan bahwa
Organisasi Kesiswaan di Sekolah adalah OSIS, yang bermaksud :
a.
Organisasi
secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan mencapai
tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompok
kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama yaitu mendukung
terwujudnya pembinaan-pembinaan kesiswaaan.
b.
Siswa
adalah peserta didik pada satuan Pendidikan jenjang Dikdasmen
c.
Intra
berarti terletak didalam dan diantara sehingga OSIS berarti suatau Organisasi
Siswa yang ada didalam dan dilingkungan sekolah yang bersangkutan
d.
Sekolah
adalah satuan Pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar
secara berjenjang dan berkesinambungan
e.
Secara
Organisasi OSIS adalah satu satunya wadah organisasi siswa yang ada disekolah, oleh karena itu setiap
sekolah wajib membentuk “ OSIS “ yang tidak mempunyai hubungan
Organisatoris dengan OSIS sekolah lain dan tidak menjadi bagian / alat
dari Organisasi lain yang ada diluar sekolah.
f.
Secara Fungsional
:Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan Pendidikan khususnya
dibidang pembinaan kesiswaan arti yang terkandung lebih juga dalam
pengertian OSIS adalah salah satu Tempat jalur pembinaan kesiswaan
disamping ketiga jalur lain yaitu : Latihan
Kepemimpinan Ekstrakurikuler dan Wawasan Wiyata Mandala.
g. OSIS disamping sebagai suatu sistem dimana sekumpulan
para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi
yang mampu mencapai tujuan
Oleh karena itu OSIS sebagai suatu system ditandai beberapa cirri pokok :
1. Beorientasi pada tujuan
2. Memiliki susunan kehidupan kelompok
3. Memiliki sejumlah peranan
4. Terkoordinasi
5. Berkelanjutan dalam waktu terntu
Oleh karena itu OSIS sebagai suatu system ditandai beberapa cirri pokok :
1. Beorientasi pada tujuan
2. Memiliki susunan kehidupan kelompok
3. Memiliki sejumlah peranan
4. Terkoordinasi
5. Berkelanjutan dalam waktu terntu
5. Tugas Utama OSIS.
a. Pengurusa OSIS harus- mampu menghilangkan citra bahwa
Generasi Muda merupakan limbah tenaga kerja.
b. Generasi Muda harus menghilangkan kata-kata sombong
bahwa dimana timbul kenakalan-kenakalan remaja.
Lambang
OSIS pada baju seragam SMP/SMA memiliki arti yang baik, diantaranya :
1. Bunga Bintang Sudut Lima dan Lima Kelopak Daun Bunga
- Siswa adalah bunga harapan bangsa
- Warna Putih menunjukkan kemurnian jiwa yang berintikan Pancasila
- Daya dan upaya melalui lima jalan Yakni: Abdi, Adab, Ajar, Aktif dan Amal (5 A)
2. Buku Terbuka
Kewajiban utama siswa adalah belajar keras menuntut ilmu pengetahuan & teknologi.
3. Kunci Pas
Kewajiban utama siswa yang kedua adalah bekerja keras, dapat membuka
permasalahan
dan dapat menemukan kunci keberhasilan.
4. Dua Tangan Terbuka
Kewajiban utama siswa yang ketiga adalah berbakti dan bersedia menolong yg lemah.
5. Biduk/Perahu Lesung
Wadah pembinaan untuk menuju masa depan yang lebih baiksesuai cita-cita
6. Pelangi Merah Putih
Gambaran/Jembatan menuju ke tujuan Nasional (masyarakat adil, makmur yang
4. Dua Tangan Terbuka
Kewajiban utama siswa yang ketiga adalah berbakti dan bersedia menolong yg lemah.
5. Biduk/Perahu Lesung
Wadah pembinaan untuk menuju masa depan yang lebih baiksesuai cita-cita
6. Pelangi Merah Putih
Gambaran/Jembatan menuju ke tujuan Nasional (masyarakat adil, makmur yang
digambarkan
atau dilambangkan padi kapas).
7. Butir Padi, 8 lipatan pita, 4 kapas, 5 daun kapas.
Siswa harus menegakkan nilai-nilai perjuangan 45 sbgi kader bangsa & pembangunan.
8. Warna Kuning
Warna kehormatan generasi muda dipercaya untuk berbuat baik melalui organisasi
7. Butir Padi, 8 lipatan pita, 4 kapas, 5 daun kapas.
Siswa harus menegakkan nilai-nilai perjuangan 45 sbgi kader bangsa & pembangunan.
8. Warna Kuning
Warna kehormatan generasi muda dipercaya untuk berbuat baik melalui organisasi
demi Nusa dan
Bangsa.
9. Warna Coklat
Dalam berfikir, bertingkah laku harus berpijak pada tanah air Budaya bangsa
10. Warna Merah Putih
Suci, berani dalam membela kebenaran
9. Warna Coklat
Dalam berfikir, bertingkah laku harus berpijak pada tanah air Budaya bangsa
10. Warna Merah Putih
Suci, berani dalam membela kebenaran
PROGRAM
KERJA
1.
Seksi Ketaqwaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kegiatan, antara lain:
a.
Melaksanakan
ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
b.
Memperingati
hari-hari besar agama
c.
Mengadakan
kegiatan lomba yang bersifat keagamaan
d.
Kegiatan lainnya
2.
Seksi Kehidupan
Berbangsa dan Bernegara, memiliki kegiatan, antara lain:
a.
Melaksanakan
upacara bendera pada setiap hari Senin pagi dan hari Sabtu sore, serta
hari-hari besar Nasional
b.
Melaksanakan
bhakti social/masyarakat
c.
Memelihara
kelestarian dan keindahan lingkkungan sekolah.
d.
Kegiatan lainnya
3.
Seksi Pendidikan
Pendahuluan Bela Negara, memiliki kegiatan, antara lain:
a.
Melaksanakan tata
tertib sekolah
b.
Melaksanakan
baris berbaris
c.
Melaksanakan
wisata siswa, mendaki gunung, napak tilas.
d.
Kegiatan lainnya
4.
Seksi Kepribadian
dan Budi Pekerti luhur , antara lain :
a.
Melaksanakan MOS
b.
Melaksanakan tata
krama siswa
c.
Melaksanakan
kegiatan amal untuk meringankan penyandang cacat, yatim piatu, orang jompo, dan
orang yang tertimpa bencana alam
d.
Kegiatan lainnya
5.
Seksi
Berorganisasi Pendidikan Politik dan Kepemimpinan, antara lain :
a.
Memantapkan OSIS
dan mengembangkan program OSIS
b.
Melaksanakan LKS
c.
Menyelenggarakan
forum diskusi ilmiah
d.
Membantu
pelaksanaan MOS
e.
Kegiatan lainnya
6.
Seksi
Keterampilan dan Kewiraswastaan, antara lain :
a.
Meningkatkan
usaha koperasi sekolah dan unit produksi
b.
Melaksanakan
praktik kerja nyata ( PKN )
c.
Membuat
keterampilan dengan bahan bekas
d.
Kegiatan lainnya
7.
Seksi Kesegaran
Jasmani dan Daya Kreasi, antara lain :
a.
Menyelenggarakan
lomba olahraga
b.
Menyelenggarakan
SKJ
c.
Melaksanakan
pencegahan penyalahgunaan narkotika.
d.
Pelestarian
lingkungan hidup yang dikreasikan berupa kegiatan : penghijauan, perbaikan
selokan, MCK, dsb
e.
Gerakan
kebersihan lingkungan yang dikreasikan berupa kegiatan : membersihkan
coret-coret di tembok/dinding/papan nama jalan/papan reklame/dinding/bis umum,
memelihara telepon umum dsb
f.
Menciptakan
barang-barang yang semula tidak berguna menjadi barang yang berguna dan
bernilai
g.
Kegiatan lainnya.
8.
Seksi Persepsi,
Apresiasi, dan Kreasi Seni, antara lain :
a.
Menyelenggarakan
berbagai macam pentas seni
b.
Menyelenggarakan
lomba lawak, panggung remaja, deklamasi/baca puisi
c.
Menyelenggarakan
sanggar berbagai macam seni
d.
Kegiatan lainnya.
Lucu bgt pak, video nya.. :D
BalasHapusmakasih pak nggak masukin video kls kami, jadi ngk malu-maluin :)
blognya bermanfaat bgt Pak .. :)
BalasHapusvideonya keren2 juga, untung video kls kami ngk dimasukin, jd ngk malu-maluin..
tadinya mau cari soal2, tp ngk ada, jadi baca2 aja, eh taunya ada video nya juga..
hihi :)
makasih ya, pak..
BalasHapusinfonya berguna banget..
video nya keren, untung video kls kami ngk jadi pak masukin, jd ngk maLu2.in :D
tadinya mau cari soal2 tp ngk ada yaudah baca2 aja..